Home » Info Terkini

Demam Gangnam Style

“Gangnam Style” atau “Gaya Gangnam” adalah sebuah singel K-pop tahun 2012 yang dinyanyikan oleh rapper Korea Selatan, Park Jae Sang, atau yang lebih dikenal dengan nama PSY. Gangnam Style secara umum mendapat pujian oleh para kritikus karena ritme humornya yang catchy serta gerakan tari Psy yang tidak biasa yang telah memperkenalkan K-pop pada banyak orang di seluruh dunia. Lagu ini pertama kali dirilis pada tanggal 15 Juli 2012 dan langsung memuncaki tangga lagu Korea Selatan, Gaon Chart. “Gangnam Style” juga menjadi video K-pop yang paling banyak ditonton di Youtube dan saat ini telah menembus lebih dari 200 juta pengunjung.

“Gangnam Style” merupakan istilah yang digunakan oleh warga Korea Selatan untuk menggambarkan gaya hidup mewah yang berhubungan dengan Distrik Gangnam,yakni sebuah kawasan yang makmur dan trendi di Seoul yang terkenal sebagai area elit tempat tinggal banyak artis papan atas, publik figur, maupun para chaebol dan orang terkenal lainnya. 90 % dari 300-an klinik operasi plastik di Korea Selatan terdapat di distrik Gangnam ini. Video musik dari lagu ini menggambarkan Psy menari di berbagai lokasi di Gangnam. Lagu ini sendiri menceritakan tentang gaya lelaki Gangnam kaya raya yang disukai banyak wanita.

Secara harfiah, terjemahan dari Gangnam ini adalah Oppan Gangnam seutail atau ” Oppa (saya) adalah Gangnam Style”. Kata Korea “oppa” berarti “panggilan dari perempuan untuk saudara laki-laki”, tetapi dapat juga digunakan sebagai kata ganti pertama, atau ketiga untuk menunjuk seorang laki-laki yang lebih tua atau lebih tua dari perempuan. Berdasarkan norma-norma budaya yang lebih baru, istilah ini biasanya digunakan untuk merujuk kepada pacar atau pasangan laki-laki. Sedangkan “oppan” merupakan singkatan dari”oppaneun”. . Dengan demikian terjemahan harfiah dari “Oppan Gangnam style” adalah “kakak atau pacar laki-lakimu [adalah] seorang Gangnam Style”.

Lirik lagu ini ditulis oleh Psy, musik oleh Psy dan Yoo Gun-hyung, serta dikomposeri oleh Yoo Gun-hyung. Yoo Gun-Hyung sendiri adalah seorang produser terkenal di Korea Selatan dan juga pernah berkolaborasi dengan Psy di masa lalu.

Video musik
Cuplikan video musik “Gangnam Style”.

Video musik untuk lagu ini menampilkan Psy sedang menari tarian gaya “menunggang kuda” yang lucu dan muncul di lokasi yang tak terduga di sekitar Gangnam seperti di sesi yoga di luar ruangan dan di bak mandi air panas. Mereka yang berdomisili di Korea atau mengenal budaya Korea sudah pasti akrab dengan “Gangnam Style” ini. Namun, orang-orang yang kurang akrab dengan budaya ini telah disuguhi sebuah video “segar” ditengah-tengah bertaburannya idola-idola pop remaja.

Yang tampil dalam video ini antara lain:

Anggota 4Minute, Kim Hyun-a berperan sebagai pujaan hati Psy dan muncul di sesi dua bagian tarian terakhir.
Komedian dan presenter Korea Selatan Yoo Jae-Seok, yang berperan sebagai lawan duel Psy dalam menari.
Komedian Noh Hong-cheol menari di dalam sebuah lift dengan ciri khasnya yang “menggoyangkan pinggul”.
Anggota Big Bang, Seungri dan Daesung juga muncul dalam video musik, tampil sebagai dua lelaki tua yang sedang bermain catur di latar belakang.
Hwang Min-woo, seorang anak berusia 5 tahun yang terlihat menari di awal video. Dalam sebuah wawancara dengan CNN, Psy menyatakan bahwa “pada malam sebelum syuting video musik, saya menonton Korea’s Got Talent dan melihat dia membawakan tari Michael Jackson dengan konyol. Jadi kami memanggilnya dan memintanya untuk tampil di video musik saya”.

Saat “Gangnam Style” dirilis pertama kali pada tanggal 15 Juli 2012, lagu ini hanya diketahui oleh para penggemar K-pop. Namun, para penggemar K-pop kemudian mulai berbagi dan saling menyebarkan di situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Tidak lama kemudian, pengguna internet di luar komunitas K-Pop mulai mengetahui lagu ini. Bahkan, selebritis-selebritis internasional juga ikut-ikutan “mengetweet” tentang “Gangnam Style”, yang memicu efek bola salju. Menjelang akhir Juli, lagu ini sukses menjadi hit di seluruh dunia dan media-media internasional mulai memperhatikan hal itu. Pada tanggal 4 Agustus, The Los Angeles Times menulis bahwa popularitas “Gangnam Style” ini “tak terbendung” dan telah “mengambil alih dunia”. Pada minggu terakhir Agustus, majalah Billboard melaporkan bahwa posisi lagu ini naik delapan peringkat dalam tangga lagu Billboard Social 50, mengalahkan Taylor Swift yang sebelumnya menempati posisi jawara. Prestasi ini (naik delapan peringkat) merupakan prestasi pertama yang diraih oleh penyanyi asal Asia, dan sejauh ini tercatat hanya sembilan musisi yang pernah menorehkan prestasi tersebut, termasuk Justin Bieber, Lady Gaga dan Adele.

Faktor penting lainnya yang membuat lagu ini begitu populer adalah adanya respon di jejaring sosial dari para selebritis-selebritis dunia yang pada akhirnya juga turut mendapat perhatian dari para penggemar selebritis tersebut.

Sumber : Wikipedia

Video terkait  Gangnam Style РYou Tube

 

Siapa Pemenang Pilkada DKI 2012 ?

Siapa ya Pemenang Pilkada DKI?” merupakan tema hasil survei yang dirilis Lingkaran Survey Indonesia (LSI). Hasilnya? Pemenang Pilkada DKI Jakarta sulit diprediksi. Namun, kemenangan di antara dua pasangan cagub-cawagub ditentukan oleh dua hal, yaitu suara mengambang dan tingkat golput.

Arman Salam, Direktur Riset LSI sekaligus peneliti survei itu, menjelaskan bahwa persaingan di antara dua pasang cagub-cawagub tersebut sangat ketat. Secara statistik, peneliti tak mampu mendapat gambaran data tentang siapa yang lebih unggul dalam Pilkada DKI Jakarta.

“Pemenang tidak bisa diprediksi. Sebanyak 10 sampai 30 persen suara mengambang atau Golput akan menentukan di hari-hari terakhir, dan pendukung siapa yang paling banyak golput, akan kalah,” ujar Arman di kantor LSI, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (18/9/2012).

Kesimpulan poling tersebut diperoleh dari beberapa pertanyaan. Salah satunya dengan pertanyaan terbuka atas dukungan yang diperoleh Foke-Nara sebesar 45,1 persen, sementara Jokowi-Ahok 44,2 persen.

Untuk pertanyaan tertutup, Jokowi Ahok meningkat jadi 46,1 persen, sementara Foke-Nara di angka 44,6 persen, dan 9,6 persen tak menjawab atau rahasia.

Dalam survei itu, Foke sebagai incumbent memiliki tingkat popularitas oleh publik Jakarta sebesar 95 persen. Adapun Jokowi memiliki tingkat popularitas di publik Jakarta sebesar 88,7 persen. Meski persentase Foke lebih tinggi, tingkat kesukaan publik DKI Jakarta kepada Jokowi lebih besar dengan selisih 4,3 persen.

“Publik DKI lebih suka Jokowi sebesar 65,2 persen dari yang mengenalnya dan 60,9 persen publik merasa suka pada Foke dari yang mengenalinya. Hal ini merupakan warning bagi incumbent karena tingkat kesukaan yang tinggi,” lanjutnya.

sumber : kompas.com

Prediksi Hasil Pilkada DKI Jakarta 2012
Ini Alasan Pemenang Pilkada DKI Sulit Diprediksi

 

“Innocence of Muslims” yang Mematikan

Serangan roket, granat, penjarahan, hingga pembakaran di dalam kompleks Kantor Konsulat Amerika Serikat di Benghazi, Libya, Selasa, telah menewaskan kepala perwakilan Amerika Serikat bernama John Christopher Stevens, dengan cara mengenaskan. Dia jadi korban tidak langsung dari pembuatan dan peluncuran film Innocence of Muslims, yang memancing amarah muslimin di Timur Tengah.

Stevens menjadi Dubes pertama Amerika Serikat yang tewas akibat serangan demonstran atau teroris dalam 33 tahun terakhir, setelah Adolph Dubs di Afghanistan pada 1979, Francis E Meloy Jr (Lebanon/1976), Rodger P Davies (Siprus/1974), Cleo A Noel Jr (Sudan/1973), dan John Gordon Mein (Guatemala/1968).

Innocence of Muslims merupakan film parodi berdurasi sekitar 20 menit itu dibuat warga Amerika Serikat keturunan Mesir, Sam Bacile, yang diluncurkan di jejaring virtual YouTube. Kisahnya secara garis besar menggambarkan sosok Nabi Besar Muhammad SAW secara fisik, lengkap dengan dialog-dialog langsung, interaksinya, dan berbagai hal lain yang tidak patut diutarakan .Bacile kini kabur dalam persembunyiannya walau masih sempat berujar sinis terhadap pihak-pihak yang memprotes film buatannya itu.

Dalam ajaran Islam, melukiskan sosok fisik Nabi Besar Muhammad SAW saja sudah satu hal yang diharamkan apalagi jika memberi imaji-imaji yang bertentangan dengan kaidah dan dogma agama Islam. Media berbasis di Amerika Serikat, Wall Street Journal, menyatakan Bacile melibatkan sementara komunitas agama tertentu di Mesir.

Di Kairo, Mesir, demonstrasi keras terjadi di kantor perwakilan Amerika Serikat di sana. Demonstrasi bersenjata serupa di Kairo itulah yang terjadi di Benghazi, saat Stevens (kelahiran California pada April 1960) berada di dalam kompleks Konsulat Amerika Serikat itu. Tiga warga senegaranya juga tewas dalam penyerangan tersebut, di antaranya pejabat Manajemen Pelayanan Informasi Luar Negeri AS, Sean Smith. Stevens tewas di samping Smith.

Stevens sebetulnya sempat diusahakan diselamatkan oleh beberapa warga Benghazi dan hal itu diabadikan seorang fotografer AFP. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton, melantik Stevens; seseorang yang diyakini Clinton sabar dan cerdas serta pas untuk pos Tripoli itu. “Saya ingin perdamaian di bagian dunia ini” kata Stevens dalam rekaman video penugasannya di Tripoli, sekali waktu.

Di balik pembuatan Innocence of Muslims itu, disebut-sebut nama seorang imam agama tertentu asal Florida, Terry Jones, yang dianggap menjadi promotornya. Dia seorang fundamentalis dari agama itu, dan sempat terlibat dalam pembakaran Kitab Suci Al Quran di Florida, dan telah dinyatakan bersalah oleh pengadilan setempat atas aksinya itu.

Fakta menarik terkait penyebaran Innocence of Muslims pada Selasa itu, peringatan 11 tahun 9/11 dilaksanakan di bekas Gedung WTC, New York, dan Pentagon. Hampir 3.000 nama korban jiwa ada dalam pahatan monumen peringatan 9/11 yang ditimpakan dilakukan oleh Al Qaeda. Bedanya kali ini, tidak ada satupun pidato dari pejabat resmi diucapkan, tidak juga dari Presiden Amerika Serikat, Barack Obama; bahkan untuk membaca sekelumit daftar nama itu.

kebebasan berekspresi dan menyatakan pendapat tanpa memerhatikan sensitivitas keyakinan kembali telah memakan korban jiwa dan menyebabkan kerusuhan hampir diseluruh negara penduduk muslim.  Tidak tertutup kemungkinan hal ini menimbulkan konflik baru yang tidak perlu terjadi sebenarnya. Duta Besar Chris Stevens dan beberapa yang lain, kali ini menjadi korban itu.

Sumber : Kompas

Innocence of Muslims – FULL HD – YouTube

Kronologi Dibuatnya Innocence of Muslims

Facebook Page
Website Tas
Follow Instagram
Koleksi Bom Sale